Kamis, 23 April 2015

Manfaat dan Cara Membuatnya Es Kacang Merah Palembang

Manfaat dan Cara Membuatnya Es Kacang Merah Palembang 


Berikut beberapa Manfaat dan cara membuat es kacang merah palembang, makanan yang dapat menurunkan kolesterol anda.

Es Kacang merah 

Es ini cukup digemari karena kekayaan citarasanya. Masyarakat wong kito maupun wisatawan dari luar kota wajib mencicipi nikmatnya es kacang merah.

Sesuai namanya, es ini memang menggunakan kacang merah sebagai bahan baku utama. Dengan tambahan parutan es dengan campuran sirup merah atau cocopandan. Kekhasan rasa kacang merahnya yang membuat es ini terasa beda di lidah. Rasanya begitu unik, enak, manis, gurih dan lembut. Kacang merah dengan kualitas unggul jadi penentu enak atau tidaknya es ini.

Es kacang merah tidak hanya terdapat di Palembang, tetapi di kota Manado juga ada, tetapi walaupun namanya sama es kacang merah yang ada di Palembang dan yang ada di manado Manado sangat berbeda.

Manfaat Es kacang Merah

Kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. 

Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.

Cara Membuat Es Kacang Merah Palembang

Bahan :
– 200 gram kacang merah kering, dicuci bersih
– 1000 ml air
– 2 lembar daun pandan, diikat
– 150 gram gula pasir
– 1/4 sendok teh garam

Bahan saus :
– 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
– 1 lembar daun pandan, diikat
– 1/4 sendok teh garam

Bahan pelengkap :
– 700 gram es serut
– 5 sendok makan susu kental manis cokelat

Cara membuat :
1. Presto kacang merah dan air 20 menit smapai empuk. Angkat dan blender kasar beserta air rebusannya.
2. Masukkan daun pandan, gula pasir, dan garam sambil diaduk sampai kental. Angkat dan dinginkan.
3. Saus : rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan.
4. Penyajian : tuang kacang merah di mangkuk. Beri saus. Sendokkan es serut. Tuang susu kental manis cokelat.

Es Kacang Merah MAMAT yang terkenal di palembang

Di ibukota Sumatera Selatan, penjual es kacang merah yang sangat legendaris adalah kedai es kacang merah Mamat. Konon es ini sudah terkenal sejak tahun 1980an. Kelezatan es ini bahkan sudah terdengar di seluruh masyarakat Palembang. Jangan berpikir lokasinya sangat strategis hingga kedai ni banyak dikunjungi pelanggannya. Mamat justru berjualan di tempat yang tersembunyi. Meski demikian tidak menyurutkan niat orang untuk merasakan es kacang merah buatannya.


Kedai es kacang merah Mamat, sederhana tapi ramai dikunjungi pelanggannya.
Letak kedai es kacang merah Mamat berada di sebuah komplek perumahan elite, tidak jauh dari lapangan sepak bola yang sering disebut Lapangan Hatta. Jika kesulitan menemukan kawasan ini Anda bisa bertanya kepada warga setempat. Kita bisa datang menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Tiba di kedai pak Mamat Anda akan melihat sebuah tempat yang sederhana dengan sebuah gerobak untuk meracik es kacang merah. Dengan beberapa meja kecil dan kursi, kedai ini memang khusus menyajikan es kacang merah. Meski tempatnya tidak terlalu besar namun para pelanggannya seolah datang silih berganti. Selain es kacang merah ada tambahan lain yakni irisan nangka, alpukat, selasih ataupun cincau dan disiram susu kental manis. Hal ini membuat es kacang merah sangat nikmat disantap saat siang hari nan panas. Oleh karena selalu menjaga kualitas kacang merahnya membuat es racikan Mamat ini menjadi minuman legendaris di Palembang.